Pengikut

Senin, 29 Oktober 2012

Materi Kuliah Fakultas Ekonomi Unswagati ke-5

Pengantar Manajemen
LANGAH-LANGKAH MENYUSUN RENCANA
1.     Tetapkan Misi dan Tujuan
Tahap pertama prose perencanaan ialah menetapkan misi dan tujuan ke organisasian di kembangkan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan antara lain: who are we?; what do we want to bocome?; what are our guiding objectives? Dengan misi atau tujuan yang jelas memungkinkan organisasi melakukan kegiatan, melaksanakn tugas-tugas dan memanfaatkan sumber-sumber secara efektif da efesien. Misi dan tujuan di kembangkan melalui diagnosis hambatan-hambatan dan peluang lingkungan dan penilain kekuatan dan kelemahan organisasi  (Hellriegel & Slocum, 1992:258; Koontz & Weihrich, 1993:129-130). Tetapi sebaliknya bagaimana misi dan tujuan direalisasikan juga harus dengan mendiagnosis hambatan dan peluang lingkungan serta menilai kekuatan dan kelemahan organisasi (Stoner & Wankel, 1986:137-138)
2.     Diagnosis Hambatan dan Peluang
Lingkungan organisasi sangat mempengaruhi organisasi. Lingkungan dapat menjadi hambatan tetapi sekaligus menjadi peluang bagi organisasi.
3.     Menilai Kekuatan dan Kelemahan
 Penilaian kekuatan dan kelemahan internal organisasi membantu manajer mengidentifikasi komponen inti organisasi yang di pimpin. Penilaian ini meliputi posisi kompetitif relatif organisasi, keterampilan dan kapabilitas sumber daya manusia, kapabilitas teknologi sumber-sumber finansial. Penilaian kompetensi inti (core competence) penting untuk menggambarkan akses potensial untuk variasi pasar yang luas, membuat kontribusi utama bagi keuntungan yang di terima kustemer dari barang dan jasa dan menjadi suit bagi pesaing untuk meniru (Hellriegel & Slocum, 1992:262).
4.     Mengembangkan Tindakan Alternatif
 Apabila kendala dan peluanglingkungan telah di diagnosis serta kekuatan dan kelemahan internal organisai telah dianalisis, maka manajer mengembangkan dan menetapkan tindakan alternafif untuk organisasi. Persoalan yang sulit bukanlah menemukan tindakan alternatif  melainkan mengurangi sejumlah alternatif  hingga terpilih
sebagai cara untuk di laksanakan tujuan yang di inginkan. Langkah mengambil keputusan yaitu mengembangkan tindakan alternatif, mengevaluasi dan menetapkan tindakan yang mungkin di laksanakan.
5.     Mengembangkan Rencana Strategis
 Setelah menetapkan tindakan alternatif, manajer harus mengembangkan dan menetapkan rencana strategi. Strategi ini juga memusatkan bagaimana teknologi yang di kehendaki, pemasaran, finansial, dan sumber daya manusia (Hellriegel & Slucom, 1992:265).
6.     Mengembangkan Rencana Operasional
Rencana Operasional ialah membantu melaksanakan rencana strategis. Rencana tersebut di implementasikan melalui kegiatan pengorganisasian, penyusunan staf, pemimpinan dan kontrol.
TIPE-TIPE RENCANA
1.    Functional area – personal, produksi, pemasaran dan keuangan. Tiap-tiap fungsi ini membutuhkan satu tipe perencanaan yangberbeda.
2.    Organizational level – mencakup seluruh organisai atau sub unit dari organisasi. Teknik dan isi di liputi pada tingkat yang berbeda.
3.    Characteristic of the plant – seperti halnya faktor-faktor kelemgkapan, kpmpleksitas, formalitas dan biaya.
4.    Time – meliputi jangka pendek, menengah atau panjang.
5.    Activities – termasuk aktifitas yang di tampilkan lebih sering, seperti operasi, periklanan, seleksi pegawai, penelitian dan pengembangan.
MATEMATIKA EKONOMI
PENERAPAN FUNGSI KUADRAT KESEIMBANGAN PASAR
1.    Dik : Qd= 40-p²
          Qs= -60+3p²
                  Qd= Qs
40-p²= -60+3p²
100    = 4p²
       = 100/4 = 25
P       = 5  -> PE
Qd= 40-p²
      = 40-(-5)²
      = 15 -> QE
2.     Qs = -28+2p²
Qd = 20-p²
                  Qs = Qd
                                    -28+p²    = 20-p²
                                         3p²      = 48
                                                 = 28/3 = 16 -> PE
                                                Qd = 20-p²
                                                      = 20-(-4)²
                                                      = 20-16
                                                      = 4  -> QE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar